Bekraf Animation Conference (BEACON) 2019
September 14, 2019

JAKARTA - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggelar Bekraf Animation Conference (BEACON) tahun ini. Event ini digelar sebagai komitmen pemerintah mendukung pengembangan subsektor animasi di Indonesia.

"Subsektor animasi menjadi bagian penting dalam ekonomi kreatif, namun pada kenyataannya masih terdapat beberapa hambatan yang memungkinkan subsektor ini sulit berkembang, di antaranya adalah regulasi dan kebijakan pemerintah yang masih belum sepenuhnya mendukung perkembangan animasi nasional dan minimnya dukungan televisi nasional untuk menampilkan karya animasi anak bangsa," ujar Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf saat membuka kegiatan BEACON di Pullman Hotel Jakarta Central Park, Sabtu (14/9/2019).

Triawan menambahkan, selain dua faktor tersebut, terdapat beberapa faktor lainnya yang sering ditemui oleh pelaku subsektor animasi yaitu, kesulitan akses permodalan, belum tersedia sarana kolaborasi dan interaksi antar stakeholder animasi nasional dan juga kurangnya ajang kreasi dan publikasi animasi, khususnya bagi karya animasi anak bangsa.

Untuk meminimalisasi berbagai faktor yang bisa menghambat perkembangan subsektor animasi, setiap tahunnya Bekraf menyelenggarakan BEACON yang merupakan ajang bagi ekosistem animasi membangun jejaring bisnis antara individu, rumah produksi animasi dengan televisi, agensi maupun investor baik dari dalam maupun luar negeri.

Kegiatan ini dikemas secara menarik dengan menyajikan berbagai macam kegiatan mulai dari diskusi panel, master class, exhibition, dan movie screening.

Tahun ini merupakan tahun ketiga pelaksanaan BEACON, sebelumnya pada 2017 BEACON digelar di kota Bandung dengan dihadiri oleh 900 orang peserta. Di 2018, BEACON digelar di dua kota, Jakarta dan Surabaya.

BEACON Jakarta yang diselenggarakan selama dua hari, mampu menarik minat 1.500 orang untuk hadir sebagai peserta dan BEACON Surabaya dihadiri oleh 500 orang peserta. Diprediksi BEACON yang kembali digelar di Jakarta tahun ini dapat menarik lebih banyak peserta untuk hadir dan berpartisipasi.

Dengan tema pengelolaan properti intelektual terkait subsektor animasi. BEACON tahun ini menghadirkan pembicara yang sesuai dengan tema tersebut. Salah satunya pada sesi Animation Project menghadirkan pembicara Sei Young Cheong atau Andy, Chief Creative Production Officer MNC Animation.

"Selain menghadirkan Pak Andy sebagai pembicara pada tema Animation Project, MNC Animation juga mengisi booth BEACON selama satu hari full. Booth diperuntukkan untuk membagikan pengetahuan tentang IP milik MNC Animation, serta menjadi sarana pemasaran program-program MNC Animation seperti studio visit, event dan aktivitas sosial media. Tidak hanya itu, kami juga menggandeng MNC Games untuk memaksimalkan persebaran informasi tentang games yang sedang dijalankan maupun games yang akan segera dirilis. Kami harap dengan adanya BEACON, animasi Indonesia seperti KIKO selalu mendapat apresiasi berupa dukungan dari masyarakatnya," ujar Suhendra Wijaya, Head of Marketing dan Communication MNC Animation.

MNC Animation didirikan di Jakarta pada 22 Mei 2011. MNC Animation adalah salah satu anak perusahaan dari MNC Group, yang berfokus untuk mengembangkan IP (Intelectual Property) menjadi produksi animasi dan bisnis IP terkait.

 

Similar News
Seru-seruan Bersama Super Hero BIMA S di RCTI Setiap Minggu pagi
January 15, 2021
Minggu pagi kegiatan apa yang paling seru? Nih rekomendasi terbaik yang bisa kami berikan adalah berkumpul bersama teman dan keluarga sambil menyaksikan serial animasi Bima S di RCTI. Petualangan Satria dan para sahabatnya semakin menegangkan dan seru! Satria terbangun dari pingsannya dalam keadaan terborgol di atas kapal besar para Gobloot bersama Prof. T, Ve, Aurora, Nadra, dan Rama. Tanpa sengaja, Satria berhasil keluar dari kapal para Gobloot dan harus terpisah dari teman-temannya. Satria tiba di sebuah gudang dan mendapati teman-temannya sudah dalam keadaan tergantung, maju menuju ke mesin pemotong. Pada saat yang bersamaan, monster mengerikan menyerang Satria. Apakah Satria dapat menyelamatkan teman-temannya?
Read More
Upgrade Tokomu di Game Lola bakery, Mainkan Hanya di Aplikasi RCTI+ dan Temukan Keseruannya!
February 5, 2021
Setelah sukses melalui game pertamanya, MNC Games terus mengembangkan ide untuk menghadirkan games lainnya dalam berbagai macam platform. Game kedua ini masih diadaptasi dari serial animasi yang sama yaitu serial animasi Kiko, tentunya dengan genre yang berbeda. Pada game kedua ini pemeran utamanya adalah Lola yang mengusung genre match 3 game “LOLA BAKERY”. Banyak hal menarik dalam game ini yang harus dicoba. Hal-hal yang membuat game ini menarik diantaranya adalah menggunakan berbagai macam kue dalam permainannya. Game Lola Bakery dapat kalian mainkan pada Aplikasi RCTI+ di dalam fitur game. Kalian bisa langsung memainkan game-game seru lainnya langsung dari smartphone kalian hanya
Read More
Meet n Greet KIKO di Mommy n Me 2019
June 30, 2019
Sabtu, 29 Juni 2019, JAKARTA – Mengawali rangkaian pameran yang akan diselenggarakan pada semester Ke – 2 tahun 2019, Reed Panorama Exhibitions kembali menghadirkan ratusan brand terkenal dalam dan luar negeri industri kebutuhan ibu hamil, bayi dan anak dalam “MOMMY N ME” sebagai bagian dari IMBEX Series yang diikuti oleh lebih dari 140 perusahaan dan menampilkan 200 brand terbaik di Indonesia.
Read More