Bekraf Animation Conference (BEACON) 2019
September 14, 2019

JAKARTA - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggelar Bekraf Animation Conference (BEACON) tahun ini. Event ini digelar sebagai komitmen pemerintah mendukung pengembangan subsektor animasi di Indonesia.

"Subsektor animasi menjadi bagian penting dalam ekonomi kreatif, namun pada kenyataannya masih terdapat beberapa hambatan yang memungkinkan subsektor ini sulit berkembang, di antaranya adalah regulasi dan kebijakan pemerintah yang masih belum sepenuhnya mendukung perkembangan animasi nasional dan minimnya dukungan televisi nasional untuk menampilkan karya animasi anak bangsa," ujar Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf saat membuka kegiatan BEACON di Pullman Hotel Jakarta Central Park, Sabtu (14/9/2019).

Triawan menambahkan, selain dua faktor tersebut, terdapat beberapa faktor lainnya yang sering ditemui oleh pelaku subsektor animasi yaitu, kesulitan akses permodalan, belum tersedia sarana kolaborasi dan interaksi antar stakeholder animasi nasional dan juga kurangnya ajang kreasi dan publikasi animasi, khususnya bagi karya animasi anak bangsa.

Untuk meminimalisasi berbagai faktor yang bisa menghambat perkembangan subsektor animasi, setiap tahunnya Bekraf menyelenggarakan BEACON yang merupakan ajang bagi ekosistem animasi membangun jejaring bisnis antara individu, rumah produksi animasi dengan televisi, agensi maupun investor baik dari dalam maupun luar negeri.

Kegiatan ini dikemas secara menarik dengan menyajikan berbagai macam kegiatan mulai dari diskusi panel, master class, exhibition, dan movie screening.

Tahun ini merupakan tahun ketiga pelaksanaan BEACON, sebelumnya pada 2017 BEACON digelar di kota Bandung dengan dihadiri oleh 900 orang peserta. Di 2018, BEACON digelar di dua kota, Jakarta dan Surabaya.

BEACON Jakarta yang diselenggarakan selama dua hari, mampu menarik minat 1.500 orang untuk hadir sebagai peserta dan BEACON Surabaya dihadiri oleh 500 orang peserta. Diprediksi BEACON yang kembali digelar di Jakarta tahun ini dapat menarik lebih banyak peserta untuk hadir dan berpartisipasi.

Dengan tema pengelolaan properti intelektual terkait subsektor animasi. BEACON tahun ini menghadirkan pembicara yang sesuai dengan tema tersebut. Salah satunya pada sesi Animation Project menghadirkan pembicara Sei Young Cheong atau Andy, Chief Creative Production Officer MNC Animation.

"Selain menghadirkan Pak Andy sebagai pembicara pada tema Animation Project, MNC Animation juga mengisi booth BEACON selama satu hari full. Booth diperuntukkan untuk membagikan pengetahuan tentang IP milik MNC Animation, serta menjadi sarana pemasaran program-program MNC Animation seperti studio visit, event dan aktivitas sosial media. Tidak hanya itu, kami juga menggandeng MNC Games untuk memaksimalkan persebaran informasi tentang games yang sedang dijalankan maupun games yang akan segera dirilis. Kami harap dengan adanya BEACON, animasi Indonesia seperti KIKO selalu mendapat apresiasi berupa dukungan dari masyarakatnya," ujar Suhendra Wijaya, Head of Marketing dan Communication MNC Animation.

MNC Animation didirikan di Jakarta pada 22 Mei 2011. MNC Animation adalah salah satu anak perusahaan dari MNC Group, yang berfokus untuk mengembangkan IP (Intelectual Property) menjadi produksi animasi dan bisnis IP terkait.

 

Similar News
BIAF 2018
October 28, 2018
Komunitas Cimahi Creative Association (CCA) kembali menghelat kegiatan Baros International Animation Festival (BIAF) yang berlangsung pekan lalu, selama tiga hari pada 26-28 Oktober 2018 di Gedung Technopark Kota Cimahi.
Read More
MNC Games Hadir di Animasi Festival Unikom Bandung
June 28, 2019
Yayasan Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) mengadakan Animation Festival Unikom atau ANIFESTKOM 2019 yang bekerja sama dengan BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif). ANIFESTKOM adalah sebuah festival animasi yang dilakukan UNIKOM sebagai wadah berkumpulnya para penggiat animasi seperti akademisi, praktisi, industri dan komunitas untuk saling bertukar informasi. Acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 27-29 Juni 2019 di UNIKOM, Bandung.
Read More
Main KIKO Run Makin Seru di Aplikasi RCTI+
December 3, 2020
Setelah sukses diluncurkan awal tahun lalu di Jakarta, Game “Kiko Run” sudah didownload lebih dari 3.5 juta user, dan semakin digemari penikmat game. “KIKO Run” merupakan produksi MNC Games, awalnya merupakan serial Animasi berkualitas tinggi KIKO yang merupakan salah satu Intelectual Property (IP) produksi MNC Animasi yang tayang di RCTI dan menceritakan tentang seorang anak ikan bernama Kiko yang hidup di Underwater Valley, ‘Asri Town’. KIKO Run yang sangat digemari ini, merupakan game aksi berlari tanpa akhir (endless Run) di dunia bawah air yang penuh aksi serta imut dan lucu. Meski bukan game endless run yang pertama, KIKO Run memiliki keunikan tersendiri,
Read More