BEACON 2018
September 1, 2018

Animasi merupakan salah satu sub-sektor industri kreatif prioritas yang menjadi fokus untuk dikelola dan dikembangkan bersama dengan sub-sektor aplikasi dan game developer, dan sub-sektor musik.

Bekraf Animation Conference (BEACON) yang memperkenalkan program-program terkait pengembangan ekonomi kreatif kepada pelaku, asosiasi dan masyarakat ekonomi kreatif khususnya untuk subsektor animasi. Acara tersebut dihadiri oleh puluhan animator yang menunjukkan kepiawaian dalam membuat animasi. Anak usaha MNC Group, MNC Animation juga turut meramaikan acara dengan menghadirkan animasi Kiko.

Wakil Kepala Bekraf, Ricky Joseph Pesik mengatakan, animasi salah satu subsektor industri kreatif yang menjadi fokus untuk dikelola dan dikembangkan bersama subsektor aplikasi dan game serta subsektor musik. Ketiga subsektor ini dinilainya tetap berperan terhadap ekonomi.

"Untuk meningkatkan industri kreatif dan ekonomi kreatif dibidang animasi dan menguji hasil dari Grand Strategy sub sektor animasi dan melengkapi database yang berkaitan dengan animasi dibutuhkan promosi animasi," katanya di Jakarta, Sabtu (1/9/2018).

Selain itu , Bekraf juga ingin memberi ruang kepada talenta muda animasi Indonesia untuk menimba ilmu melalui mentor atau tutor yang handal dalam bidang animasi

Saat ini, kata Ricky, Bekraf memberikan peluang terhadap pelaku industri animasi Indonesia untuk menunjukkan serta menjual produk atau layanan mereka.

"Harapan kami, dengan ada Beacon ini akan semakin membangun ekosistem animasi Indonesia untuk peningkatan daya saing dan kemandirian disub sektor animasi," ucapnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang tercatat terakhir pada 2016, Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif mencapai Rp922,59 triliun dengan pertumbuhan 4,95 persen dengan porsi terhadap PDB mencapai 7,44 persen.

Tenaga kerja yang terserap di sektor ini mencapai 16,9 juta orang dan ekspor mencapai 20 miliar dolar AS. Sebagian dari ekonomi kreatif dari sub sektor film, animasi, dan video menyumbang terhadap PDB sebesar Rp1,58 triliun.

Similar News
Serial Animasi Bima S Episode 7 di RCTI, Bima Punya Senjata Baru! Ini Jadwal dan Sinopsisnya
November 13, 2020
JAKARTA - Serial animasi 3D superhero pertama di Indonesia berkualitas Internasional, Bima S, Hari Minggu Pukul 10.00 WIB kembali tayang di RCTI kini memasuki Episode ketujuh. Setelah Satria dan kawan-kawan kedatangan tamu tak terduga di Spaceship, kini dirinya tiba-tiba dikejar oleh segerombolan hewan besar, Nilikombu. Ternyata, kawanan hewan bertanduk itu sedang menghindar dari kejaran Gobloots, yang ingin mengambil tanduk mereka.
Read More
Press Conference Film "KIKO In The Deep Sea"
May 28, 2019
Jakarta, 28 MEI 2019 - Setelah berhasil memikat penonton televisi Indonesia dengan serial animasi, kini KIKO hadir dalam bentuk film layar lebar. MNC Animation resmi merilis Trailer dan Poster film KIKO In The Deep Sea. Didukung penuh oleh MNC Pictures dalam pendistribusiannya, MNC Animation berharap film yang akan tayang 4 Juli 2019 ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia terutama para penggemarnya.
Read More
KIKO di IMBEX 2018
December 1, 2018
Serial Animasi dari MNC Animation, KIKO menyapa para penggemarnya di acara Indonesia Maternity, Baby And Kids Expo (IMBEX) 2018. Bertempat di JCC Senayan, Jakarta.
Read More