ANIMAKINI 2018
September 21, 2018

Di tengah-tengah perkembangan teknologi yang begitu pesat di Indonesia, beragam industri kreatif pun turut berkembang. Salah satunya adalah dunia animasi.

Di Indonesia sendiri saat ini memiliki perusahaan yang khusus bergerak di dunia animasi, yaitu MNC Animation yang saat ini telah memproduksi banyak karya-karya seri animasi seperti Kiko dll.

Turut menjadi pemain dalam industri kreatif di bidang animasi, MNC Animation terlibat di acara Animasi Cikini (Animakini) yang diselenggarakan oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Creative Laba dan Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta (IKJ) di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat.

Di acara ini, MNC Animation mengenalkan animasi Kiko dan edukasi seputar cara membuat animasi di MNC Animation.

Tirza Angelica, Animation Supervisor MNC Animation sekaligus pembicara di Master Class Animakini di TIM, Jumat (21/9/2018). Membahas tentang Kiko dan perjalanan Kiko dari awal dibuat sampai Kiko yang terbaru,

Selain tentang televisi seri Kiko yang berangkat dari komik majalah pada 2010 hingga Kiko versi terbaru, Tirza juga menjelaskan proses-proses pembuatan animasi dari mulai pra-produksi hingga sudah siap tayang di RCTI.

"Untuk produksi, kita bagi menjadi tiga tahap, yaitu pra-produksi mulai pembuatan naskah, story board, dan recording. Kemudian di tahap ini juga dibuat animatic, desain karakter, dan desain lingkungan. Lalu ada tahap production, yaitu karakter dikasih warna, tekstur, dan sistem tulang agar bisa digerakkan, hingga masuk ke proses layout," kata Tirza di depan ratusan peserta yang berasal dari murid SMP, SMA hingga mahasiswa.

Dia juga berharap bagi para anak-anak muda yang tertarik di bidang animasi ini bisa berani berkarya dan tak mudah menyerah. "Harapannya mereka bisa terus berkarya, kasih yang terbaik, dan jangan pernah puas. Kuncinya adalah jangan gampang menyerah dan mesti punya semangat," kata dia.

Similar News
Gunakan Booster Kuas Kiko Untuk Selesaikan Misi di Game Lola Bakery, Mainkan Sekarang di RCTI+!
February 19, 2021
Bermain game puzzle ternyata tanpa kita sadari bisa menghabiskan waktu berjam – jam didepan layar handphone. Bagi kalian pecinta game puzzle kalian harus mencoba game puzzle yang satu ini “Lola Bakery” diangkat dari serial anak animasi Kiko yang tayang setiap hari minggu di RCTI. Lola Bakery game yang cukup diminati oleh semua kalangan karena cara permainannya yang sederhana dan menantang serta dapat mengasah otak dan kosentrasi. Game ini bergenre match 3puzzle, dengan cara mencocokan kue yang sama sehingga menjadi power up yang berguna untuk menghancurkan semua tiles dan obstacle.
Read More
Main KIKO Run Makin Seru di Aplikasi RCTI+
December 3, 2020
Setelah sukses diluncurkan awal tahun lalu di Jakarta, Game “Kiko Run” sudah didownload lebih dari 3.5 juta user, dan semakin digemari penikmat game. “KIKO Run” merupakan produksi MNC Games, awalnya merupakan serial Animasi berkualitas tinggi KIKO yang merupakan salah satu Intelectual Property (IP) produksi MNC Animasi yang tayang di RCTI dan menceritakan tentang seorang anak ikan bernama Kiko yang hidup di Underwater Valley, ‘Asri Town’. KIKO Run yang sangat digemari ini, merupakan game aksi berlari tanpa akhir (endless Run) di dunia bawah air yang penuh aksi serta imut dan lucu. Meski bukan game endless run yang pertama, KIKO Run memiliki keunikan tersendiri,
Read More
MNC Games Hadir di Animasi Festival Unikom Bandung
June 28, 2019
Yayasan Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) mengadakan Animation Festival Unikom atau ANIFESTKOM 2019 yang bekerja sama dengan BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif). ANIFESTKOM adalah sebuah festival animasi yang dilakukan UNIKOM sebagai wadah berkumpulnya para penggiat animasi seperti akademisi, praktisi, industri dan komunitas untuk saling bertukar informasi. Acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 27-29 Juni 2019 di UNIKOM, Bandung.
Read More